TAMPILAN SLIDE DI BLOG INI AKAN TAMPIL LEBIH SEMPURNA BILA MENGAKSES MENGGUNAKAN GOOGLE CHROME

Minggu, 13 Mei 2012

PENYAKIT ASAM URAT

ASAM URAT (GOUT ARTISTIS)

Penyakit sendi disebut juga rematik gout atau yang lebih populer dengan asam urat penyakit ini berhubungan dengan tingginya kadar asam urat didalam darah.

Anda dikatakan menderita asam urat jika kadar asam urat didalam darah melebihi batas normal, yaitu 7 mg/dl bagi laki laki dan 6 mg/dl bagi wanita. Gout terjdai jika timbunan kristal asam urat yang mengendap dalam persendian meningkat biasanya serangan gout terjadi secara mendadak dan sering terjadi pada malam hari yang umumnya menyerang sendi, lutut, tumit dan jempol kaki.

Penyebab nya bisa karena adanya gangguan metabolisme sehingga kadar timbunan kristal asam urat dalam darah dan persendian meningkat peningkatan tersebut dapat disebabkan ginjal yang mengalami gangguan dalam membuang asam urat dalam jumlah yang banyak dan asam urat juga bisa desebabkan oleh tingginya asupan purin dalam nakanan yang di konsumsi, semakin tinggi asupan purin maka semakin tinggi produksi asam urat dalam tubuh.

Pada grout yang kronis kadang timbul benjolan (tofus) biasanya terdapat pada daun telinga, ujung siku, lutut, punggung, tangan dan kaki.

Pencegahan dan Perawatan :

 1. Hindari makanan yang mengandung purin yang tinggi, seperti melinjo, bayam, kangkung, daun singkong, kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti tahu, tempe dan oncom. Dan juga aaparagus, jeroan hewan, kerang, udang kepiting, makanan yang diawetkan dan minuman berakohol.

2. Perbanyak minum air putih agar asam urat keluar melalui urin.

3.  Perbanyak makan buah yang tinggi kandungan airnya, seperti timun, semangka, blewah, jeruk, dll.

Demikian seputar asam urat yang bisa diuraikan dalam postingan kali ini, mungkin masih banyak hal seputar asam urat yang belum dipaparkan. Tapi mudah-mudahan uraian diatas  bermanfaat untuk kita semua.... :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Dengarkan Murattal Al Quran di sini