TAMPILAN SLIDE DI BLOG INI AKAN TAMPIL LEBIH SEMPURNA BILA MENGAKSES MENGGUNAKAN GOOGLE CHROME

Rabu, 09 Mei 2012

KASIAT HABBATUSSAUDA / JINTAN HITAM



Habbatussauda (Nigella sativa) adalah rempah-rempah yang dapat pula digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.


Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama, diantaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin,nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 – 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 – 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda unk kesehatan dan pengobatan. 
Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan.


Sejak 1959, lebih dari 200 studi di universitas internasional dan artikel dipublikasikan dalam berbagai jurnal telah menunjukkan hasil yang luar biasa mendukung penggunaan habbatussauda secara tradisional yang tercatat hampir 1400 tahun yang lalu.


Kandungan  yang terdapat dalam Habbatussauda


Komposisi kimia habbatussauda sangat kaya dan beragam. Di samping bahan utamanya crystalline nigellone, habbatussauda juga mengandung 15 asam amino, protein, karbohidrat, baik fixed oils (84% asam lemak, termasuk linolenat, dan oleat) dan minyak volatile, alkaloids, saponin, dan serat kasar, maupun mineral seperti kalsium, besi, natrium dan kalium.

Black Cumin (Nigella sativa) Seed juga kaya kandungan nutrisi Monosaccharides (molekul gula tunggal) dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose, da arabinose. Selain itu habatussauda juga mengandung non-starch polysaccharie yang berfungsi sebagai sumbe serat diet yang sangat berguna. Lima belas asam amino membentuk protein yang mengandung Black Cumin (nigella sativa) Seed, termasuk delapan dari asam amino penting. Asam amino tidak dapat disintesis secara cukkup didalam tubuh kita, sedangkan kita memerlukannya untuk menjaga berat badan. Blackseed mengandung Arginine yang penting pada masa pertumbuhan. Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa Black Cumin (Nigella Sativa) seed mengandung karotin, yang diubah menjadi liver oleh vitamin A.


Manfaat dan Kasiat Habbatussauda



Rasulullah bersabda : "Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatussauda' terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian." (H.R Muslim).


Dari Aisya radhiyalllahu 'anha, Rasulullah bersabda : "Sesungguhnya Habbatussauda' ini adalah obat dari segala penyakit, kecuali as-Saam". Aku berkata (perawi hadits ini, yakni Khalid bin Sa'ad) : " Apa itu as-Saam ?" dijawab (yakni oleh Ibnu Abi Atiq) : "Kematian". (HR. Bukhari)


Rasulullah bersabda: "Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatussauda' terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian." (HR.Muslim).


Nigella sativa itulah nama latinnya. Bentuknya berupa biji kecil-kecil berwarna hitam makanya orang arab menamakannya habbatussauda yang berarti biji hitam. Biji yang kecil ini ternyata subhanallah mengandung berbagai zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Bahkan pada peelitian terkahir disebutkan kalau biji hitam ini mempu meningkatkan sistem imun tubuh, jadi bagi pengkonsumsinya akan jarang terserang penyakit.


Menurut beberapa hasil penelitian, Habbatussauda memiliki khasiat (dengan izin Allah) :
1.  Menguatkan imunitas system pada diri manusia.


2.  Melawan menghancurkan sel-sel kanker / tumor.


3.  Mengobati reumatik, peradangan serta infeksi.


4.  Menghentikan dan menyembuhkan penyakit pilek.


5.  Jika digoreng dan dibakar kemudian dicium terus menerus dapat     mengeliminasi gas (dalam) perut.


6.  Membunuh cacing-cacing parasit jika dimakan sebelum makan pagi dan jika diletakkan diatas perut dari bagian luar sebagai aromaspa atau luluran.


7.  Minyaknya bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan ular, juga bengkak di dubur dan tahi lalat.


8.  Menghilangkan sesak nafas dan sejenis kesulitan nafas, melonggarkan penyumbatan akibat dahak.


9.  Melancarkan haidh yang tersendat.


10. Jika dibalutkan, bermanfaat untuk menyembuhkan pusing yang parah.


11. Apabila dimasak dengan cuka bersama pinus dan kemudian dibuat untuk berkumur, maka hali itu akan menghilangkan sakit gigi yang disebabkan sensitif terhadap dingin.


12. Jika diminum, biji ini akan melancarkan kencing, haidh dan ASI.


13. Menyembuhkan gigitan laba-laba.


14. Bila dibakar, asapnya dapat mengusir serangga.


15. Menghilangkan sendawa asam yang berasal dari dahak dan melancholia (gangguan yang disebabkan kesedihan yang terus menerus / depresi sehingga merusak bagian empedu).


16. Menghilangkan Kusta (lepra).


17. Menghilangkan demam Quartan (demam yang menyerang manusia selama sehari kemudian mereda selama 2 hari kemudidan menyerang lagi ketika hari ke-4).


18. Jika ditumbuk dan dibuat adonan dengan madu dan air hangat dapat menghancurkan batu yang muncul dalam ginjal dan kandung kemih serta sifat diuretic (memperlancar air seni).


19. Apabila digoreng dan dicium terus menerus dan dicampur dengan cuka dapat menyembuhkan jerawat dan kudis serta menghilangkan peradangan yang lebih kronis dari jerawat (tumor).


20. Jika digoreng tanpa minyak dan ditumbuk serta dicampur dengan minyak zaitun kemudian diteteskan ke dalam hidung 3 tetes akan menyembuhkan gejala pilek yang disertai bersin-bersin.


21. Jika dibakar dan dicampur dengan lilin dan minyak inai/henna atau minyak bunga iris serta dibalurkan pada borok/koreng yang keluar dibetis setelah dibersihkan dengan cuka, maka dapat menghilangkannya.


22. Bermanfaat untuk menyembuhkan bekas gigitan anjing (rabies) dan aman dari kematian akibat rabies.


23. Jika dihirup akan bermanfaat bagi hemiplegia (semiparlysis/lumpuh separuh)


24.  Jika enzoat (celak persia) dicampur dengan air dan dibalurkan ke lingkaran dubur dan juga diminum dengan dosis sekitar 25 gram akan menyembuhkan Bawasir.


25. Jika disedot melalui hidung akan bermanfaat menghentikan air yang keluar pada mata.


26. Jika 2 sdt habbatussauda direbus dengan air 2 gelas lalu ditambah madu akan mendinginkan perut yang panas karena asam lambung. 


Disamping berbagai kasiat diatas habbatussauda secara tradisional digunakan untuk beberapa keadaan seperti untuk menghasilkan kulit muka yang cerah, membantu merawat batuk dan asma, kencing manis, selsema, keguguran rambut, tekanan darah tinggi, masalah untuk tidur, sakit-sakit otot dan sendi, rasa loya dan muntah, mengurangakan kolesterol, merawat batu karang dan lainsebagainya.



Sahabat pembaca, begitu banyak kasiat dan manfaat dari habbatussauda sebagaimana telah diuraikan diatas. Artikel ini ditulis dari berbagai sumber, diantaranya adalah di : http://khasiat-habbatus-sauda.blogspot.com/.  Terimakasih sudah membaca artikel ini, smoga bermanfaat......:)


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Dengarkan Murattal Al Quran di sini