TAMPILAN SLIDE DI BLOG INI AKAN TAMPIL LEBIH SEMPURNA BILA MENGAKSES MENGGUNAKAN GOOGLE CHROME

Senin, 07 Mei 2012

KHASIAT DAUN SIRSAK



Sahabat bloger. Tentu kita tidak asing dengan buah sirsak. Buah yang sangat segar. Apalagi kalau kita nikmati dalam olahan  juice sirsak. Heeeem....suegarnyaa.....:). Tapi tahukah kita bahwa sebenarnya daun dari buah ini mempunyai kasiat yang luar  biasa. Saya yakin sebagian dari kalian sudah mengetahui kasiat dari daun buah sirsak ini. Karena memang akhir2 ini, daun buah sirsak sedang menjadi buah bibir. Dan bagi yang belum mengetahui pasti akan semakin penasaran apa sih sebenarnya dari kasiat daun buah sirsak ini.  Agar tidak mati penasaran :P,  nih silahkan baca  uraiannya.

Darimanakah asal dari buah sirsak...?

Sebelum kita kupas kasiat dari daun buah sirsak, alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu asal muasal buah yang sedang kita bicarakan ini. Buah sirsak berasal dari Karibia , Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dan masuk di Indonesia  dibawa oleh Belanda.

Penelitian-penelitian akan kasiat buah sirsak

Menurut sejarah, bangsa  Indian kuno sudah meyakini kasiat buah yang mempunyai nama latin Annona Muricata L ini.  Mereka pergunakan buah ini untuk pengobatan penyakit jantung, asma, reumatik dan liver.  Bermula dari fakta sejarah ini memicu para ilmuwan untuk mengadakan penelitian lebih mendalam. Dan ternyata hasil dari penelitian mereka mengungkapkan bahwa daun buah sirsak memiliki kasiat yang luar biasa khususnya untuk penyembuhan penyakit kanker.
Pada tahun 70-an, berbagai studi para ilmuwan membuktikan bahwa ekstrak daun sirsak  mempunyai kasiat lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak daun tersebut mampu memperlambat pertumbuhan kanker. Dan pada tahun 1976 menurut penelitian dari National Cancer Institute mengungkapkan bahwa batang dan daun sirsak sangat efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker.
Penelitian yang dilakukan di Korea menemukan bahwa ada satu senyawa kimia yang ditemukandalam daun sirsak yang berperan efektif dalam membunuh sel kanker usus besar dan 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi. Selain itu juga diketahui bahwa senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat.
The Journal of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.

Lalu bagaimana dengan penelit kita...?

Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLaughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus selkanker. Sedangkan berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 μg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni
cuma < 4 μg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi.

Menurut Ervizal AM Zuhud (kepala Bagian Konservasi dan Keanekaragaman Tanaman, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor) penelitian sirsak sempat ditutupi-tutupi selama 10 tahun karena ‘mengancam’ kelangsungan hidup kemoterapi dan industri kimia. Apalagi harga sirsak murah. Hasil penelitian itu, ‘Baru tersebar setelah keluarga dari seorang peneliti mengidap kanker dan mempublikasikan di dunia maya.

Bagaimanakah Penerapan Daun Buah Sirsak Untuk Pencegahan dan Penyembuhan..?

Dalam daun buah sirsak mengandung berbagai zat seperti : Acetogenins, annocatacin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Adanya kandungan berbagai zat diatas menyebabkan daun sirsak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit terutama kanker, penyakit kronis, dan non kronis.

Untuk pencegahan kanker, disarankan makan atau minum jus buah sirsak ,
sedangkan untuk penyembuhan, bisa dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. Air yang tinggal 1 gelas dimimumkan ke penderita setiap hari 2 kali.

Demikian shobat, yang bisa saya uraikan mengenai daun buah sirsak dan khasiatnya, terimakasih sudah membaca artikel ini, smoga bermanfaat......

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Dengarkan Murattal Al Quran di sini